Sabtu, 25 Oktober 2014

Kisah ku Selama Kuliah



Pada awalnya saya tidak mengenal kampus Universitas Gunadarma ini namun setelah ada perwakilan dari Gunadarma yang datang ke sekolah SMA saya. Saya jadi tahu bahwa Universitas Gunadarma ini adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang cukup terkenal. Di Universitas ini memang yang lebih terkenala adalah jurusan komputernya.Tapi Universitas Gunadarma juga membuka berbagai macam jurusan lainnya dan hampir semua terakreditasi A. Karena hal inilah saya memilih Universitas Gunadarma menjadi plihan saya untuk menimba ilmu setelah tidak lolos seleksi PTN. DI Gunadarma ini saya memilih jurusan Manajemen.

Setelah saya terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Gunadarma lalu tiba saatnya untuk mengikuti PPSPPT. Peraturan PPSPPT ini untuk lelaki rambut harus botak maksimal 1 cm Bagi calon mahasiswa yang datang dengan rambut yang masih gondrong maka dicukur pitak asal-asalan hingga kulit kepala terlihat oleh kakak senior. Namun setelah OSPEK dilakukan, di Gunadarma sangatlah menjunjung tinggi sifat kekeluargaan dan meniadakan senioritas di kalangan mahasiswa.

Masa PPSPPT berlalu dan tiba saatnya untuk mulai hari pertama kuliah. Hari pertama kuliah saya di kampus E. Saya merasa tanpa beban walaupun jarak rumah saya ke kampus E ini cukup jauh namun saya hadapi dengan senyuman Saya mendapatkan banyak teman baru dan saling bertukar pengalaman dan pengetahuan. Ternyata kehidupan di kampus tidak seindividualis seperti yang saya bayangkan sebelumnya. Dengan bergaul tanpa pilih teman akan menguntungkan kita disaat kita membutuhkan pertolongan.

Semester 1 berlalu dengan nilai ipk saya adalah 2.72 dengan rata rata saya mendapatkan nilai B dan hanya 1 yang mendapatkan nilai C yaitu mata kuliah ilmu budaya dasar. Nilai C ini saya dapat karena seluruh tugas mata kuliah ini tidak saya upload ke studentsite. Masuk di semester 2 ternyata mata kuliah yang di ajarkan semakin sulit buat saya sehingga membuat nilai IPK saya menjadi turun ke 2.61.

Setelah beberapa lama saya kuliah di Gunadarma saya merasakan perbedaan antara sekolah dan kuliah baik dari segi cara belajarnya maupun pengajarnya. Sekilas kuliah lebih mudah dari sekolah, akan tetapi setelah menjalani praktikum-praktikum maka pernyataan yang diatas itu tidak selalu benar. Karena sebelum dan sesudah praktikum pasti selalu ada laporan praktikumnya.

Ketika semester 2 berlalu tiba saatnya naik ke semester 3 dan 4. Di semester 3 ini saya mendapatkan teman baru lagi karena kelasnya berbeda dari tingkat 1 lalu. Di semester 3 dan 4 ini saya semakin bersemangat belajar karena saya ingin memperbaiki nilai ipk di tingkat 1 lalu dan akhirnya usaha saya tidak sia sia nilai ipk saya naik menjadi 2.67.

Masuk tingkat 3 disini saya sudah harus membuat Penelitian Ilmiah ( PI ), pada awalnya saya bingung ingin membuat judul penelitian apa namun setelah saya membaca contoh PI dan skripsi yang ada di perpustakaan akhirnya saya dapat judul penelitian yang saya sukai setelah menentukan judul dan alat analisis yang saya gunakan dalam penelitian ini lalu saya belajar mengenai perhitungan dengan menggunakan program SPSS, setelah pelajari dan mengerti tentang spss ini pekerjaan saya menjadi lebih mudah dan akhirnya setelah PI saya di ACC oleh dosen pembimbing saya mendapatkan nilai B. Itulah sedikit kisah tentang pengalaman saya ketika kuliah di gunadarma. Sekian

1 komentar: