Kamis, 27 November 2014

Tugas



Nama Kelompok    : 1. Diky Mulyana Sanjaya
                                 2. Moch. Ryan Sandhika
                                 3. Kamal
                                 4. Rizchita Hardian FDP
                                 5. Bagus Suryatama
Tujuan                             : Kantor PT. XL Axiata, Mega Kuningan, Jakarta
Nama Staff             : Risha Octarina  
strengths, weaknesses, opportunities and threats ( SWOT )
STRENGTHS :
-         Memiliki banyak tower yang tersebar di Indonesia
-         Jaringan terluas
-         Cepat dalam akses internet
-         Memiliki banyak tawaran paket menarik
-         Kualitas pelayanan yang relatif baik dari pesaing

WEAKNESS
-         Tarif Relatif lebih mahal
-         Sinyal yang tidak stabil jika cuaca sedang buruk
-         Terlalu banyak syarat dan ketentuan
OPPORTUNITIES
-         Program e-toll yang ada dapat dijadikan acuan untuk pengisian saldo kartu via pulsa
-         masyarakat yg mengeluh karena kecepatan akses dapat menjadi peluang utk dijadikan pelanggan
-         menjelang MEA 2015, akan menjadi bertambah masyarakat di Indonesia
-         Pengiriman uang cepat
-         Semakin tingginya jumlah pengguna smartphone
THREATS
-         Banyaknya pesaing
-         Menawarkan nilai yang lebih
STRENGHT
Kekuatan dari PT. XL Axiata adalah sudah memiliki lebih dari puluhan ribu tower atau menara pemancar yang tersebar di seluruh Indonesia secara luas. Dengan tersebarnya puluhan ribu tower tersebut dapat menyebabkan jangkauan sinyal dari XL yang sangat bagus dan kecepatan akses internet yang cepat (3G). XL pun menghadirkan layanan XL 3G Rood agar layanan 3G lebih maksimal dan optimal. Mempunyai banyak pilihan paket untuk Blackberry atau Android dengan harga yang bersaing. Serta  mempunyai cakupan wilayah yang lebih luas, kapasitas data yang lebih besar, dan kualitas layanan yang lebih baik.

WEAKNESS
Kelemahan XL antara lain yakni terdapat pada masalah tarif yang mahal jika dibanding dengan operator lain, pilihan paket yang harganya menjadi naik, sinyalnya pun tidak stabil jika cuaca sedang buruk, dan juga terlalu banyak syarat dan ketentuan atau embel-embel sehingga membingunggkan pengguna.

OPPORTUNITIES
PT. XL Axiata Memiliki kesempatan/peluang yang sangat prospektif dalam bidang telekomunikasi. Pada jaman serba canggih seperti sekarang ini banyak sekali yang dapat menjadi prospektif program untuk XL. Seperti misalnya e-toll yang sudah ada pada jaman pemerintahan SBY, kalau biasanya orang yang memiliki kartu e-toll harus mengisi saldo dengan cara mendatangi bank yang mungkin relatif jauh, mungkin PT. XL dapat menjadikan hal ini sebagai peluang dengan bekerja sama dengan penyelenggara kartu e-toll untuk mempermudah pengguna kartu mengisi saldo dengan cara via pulsa misalnya. Selanjutnya dari sisi akses internet atau jaringan, PT. XL merupakan salah satu yang terbesar. Melihat bahwa masyarakat Indonesia yang tidak suka dengan proses akses yang lambat memungkinkan XL untuk menggaet pelanggan dengan tawaran yang menarik dari sisi kecepatan, hanya saja dari segi harga memang XL masih relatif mahal. Menjelang MEA 2015 tentu jumlah masyarakat di Indonesia akan bertambah, begitu pula dengan pengguna smartphone. Mau tidak mau mereka harus memakai jasa layanan telekomunikasi yang ada di Indonesia, hal ini dapat dijadikan acuan untuk menambahkan jumlah pengguna XL dengan mambahkan jaringan yang kuat mengingat bahwa di luar Indonesia akses terhadap internet atau jaringan komunikasi relatif cepat agar tidak lari ke pesaing lain, serta dengan tawaran harga yang bersaing. Pengiriman uang cepat atau e-banking juga dapat menjadi prospek yang baik mengingat pengguna/nasabah bank di Indonesia yang banyak.

THREATS
Ancaman bagi XL antara lain adalah banyaknya pendatang baru yang bersaing dalam dunia operator seluler di Indonesia, baik dari dalam atau luar negeri. Tidak hanya pendatang baru yang menjadi ancaman XL, namun kompotitor terdahulu yang benar-benar mengancam dengan menawarkan nilai yang tinggi, sehingga dalam hal ini XL harus benar-benar menanggapinya dengan serius

Tidak ada komentar:

Posting Komentar